SKU Penggalang Ramu #20

AREAL PENGEMBANGAN INTELEKTUAL

KOMPETENSI DASAR

Mampu menganalisis situasi dan menyikapinya serta mengaplikasikan IPTEK dan keterampilan Kepramukaan secara kreatif dan inovetif.

STANDARD KOMPETENSI

Memahami pentingnya perkembangan IPTEK dan Keterampilan Kepramukaan.


MATERI SKU

Dapat menyebutkan dan menjelaskan manfaat sedikitnya 2 jenis alat teknologi informasi modern.

PENCAPAIAN PENGISIAN SKU

Berikut ini adalah contoh materi berkaitan dengan materi SKU ini yang cocok disampaikan kepada peserta didik.

SUMBER: HANDBOOK PRAMUKA PENGGALANG oleh Kak Lanang Kuncoro (materi lebih lengkap terdapat pada buku tersebut).

Teknlogi Informasi (TI) adalah istilah umum untuk penggunaan komputer dan perangkat komunikasi untuk menyimpan, mengirim, menerima dan mengolah informasi berupa audio, visual maupun data.

Perangkat TI modern antara lain radio, televisi, perangkat elektronik rumah tangga, telepon, komputer dan telepon seluler (ponsel). Perangkat tersebut juga suah dibuat sejak lama, namun kini semuanya telah berkembang pesat. Setiap perangkat telah bekerja menggunakan teknologi komputasi dan terhubung dengan jaringan internet. Terlebih pada masa sekarang dimana koneksi jaringan seluler semakin cepat.

INTERNET

Internet adalah jaringan komputer yang menghubungkan komputer dan perangkat TI lainnya di seluruh dunia. Koneksi jaringan seluler telah ditemukan sejak awal abad ke-20 (tahun 1900-an). Dimulai dari generasi awal (0G) dan generasi pertama (1G) yang hanya bisa untuk mengirim suara. Generasi kedua (2G), salah satunya GSM (Global System for Mobile Communications) mulai bisa mengirim gambar dan tulisan dalam bentuk SMS. GSM berkembang menjadi teknologi 2,5G atau GPRS (General Packet Radio Service) yang mampu mengirim data lebih besar dalam bentuk MMS (Multimedia Message Service).

Teknologinya berkembang lagi menjadi 2,75G (EDGE, Enhanced Data Rates for GSM Evolution) dengan kemampuan mengirim data lebih besar dan cepat sehingga cukup untuk koneksi jaringan internet. Lalu muncul teknologi generasi ketiga (3G) atau Mobile Broadband dengan kapasitas lebih besar dan cepat sehingga memungkinkan video call (telepon dengan mengirim video seperti sedang bertatap muka). Teknologi itu berkembang menjadi 3,5G atau HSDPA (High-speed Data Packet Access) yang saat ini digunakan oleh sebagian besar pengguna jaringan internet.

Teknologi yang terbaru adalah generasi keempat (4G) dengan kapasitas data lebih besar dan jauh lebih cepat. Ada dua macam standar teknologi ini, WiMAX yang dikembangkan di Korea sejak tahun 2006 dan LTE (Long Term Evolution) yang dikembangkan di Swedia sejak tahun 2009. Saat ini layanan 4G LTE sedang berkembang di Indonesia. Meskipun begitu teknologi 2G dan 3G masih banyak yang menggunakan.

Perangkat TI yang paling modern adalah komputer dan ponsel. Penyiaran radio dan televisi kini telah memasuki dunia digital, yaitu melalui jaringan internet dan penerimaannya melalui komputer atau onsel. Banyak perlatan elektronik yang bekerja menggunakan program komputer dan terhubung dengan komputer atau ponsel. Maka, sangat penting bagi kamu untuk mengenal dan bisa menggunakannya.

KOMPUTER DAN PONSEL

Komputer adalah alat yang digunakan untuk mengolah data menurut prosedur yang telah diprogramkan. Contoh paling sederhana adalah kalkulator. Kamu bisa menginput angka dan operasi matematika. Program dalam kalkulator akan mengolahnya dan menampilkan hasilnya pada layar. Jika perangkat komputer dan semua komponennya disebut perangkat keras (hardware) maka program yang ada di dalamnya disebut perangkat lunak (software).

Ponsel yang awalnya hanya digunakan untuk berkomunikasi saja, kini juga dilengkapi dengan komponen komputer dan program. Ponsel seperti itu disebut smartphone.

Ada berbagai macam program yang dibuat untuk melakukan tugas tertentu. Namun setiap komputer/ smartphone memiliki program utama yang memungkinkan perangkat kerasnya bisa bekerja, yaitu Operating System (OS) atau Sistem Operasi. Untuk komputer kita mengenal OS yang paling populer adalah Windows, Machintos dan Linux. Ada juga OS yang dibuat khusus untuk smartphone, salah satunya Android. Saat ini OS Android yang paling banyak digunakan. Makanya orang terbiasa menyebut smartphone sebagai ponsel android. Padahal ada banyak OS lain untuk smartphone:

Blackberry, Bada, Firefox Mobile, iOS, MeeGO, Palm, Symbian, Ubuntu Mobile, Windows Phone, WebOS, MXI, Maemo, Tizen, dan Sailfish.

Beberapa bentuk komputer yang sering kamu temui adalah PERSONAL COMPUTER (PC), NOTEBOOK dan NETBOOK. Perangkat tersebut sebenarnya sama, perbedaannya hanya pada tujuan penggunaannya.

PC digunakan ditempat yang tidak berpindah-pindah, ukurannya besar dan langsung terhubung dengan sumber listrik sehingga tidak memerlukan baterai.

Notebook atau laptop dibuat agar bisa digunakan berpindah-pindah (portable). Notebook bisa memiliki kemampuan sama dengan PC, tetapi karena diuat portable maka waktu penggunaanya terbatas. Lama penggunaannya tergantung pada kapasitas baterainya. Meskipun bisa juga digunakan dalam waktu lama dengan menghubungkan langsung ke sumber listrik, perangkat keras pada notebook akan lebih cepat panas jika digunakan dalam waktu lama dan lebih mudah rusak.

Netbook sebenarnya sama dengan notebook dan sama-sama disebut laptop. Bedanya netbook dibuat dengan kemampuan lebih rendah dan ukuran lebih kecil. Karena netbook dirancang dengan fungsi utama untuk mengakses internet. Perangkat dengan kemampuan seperti netbook tetapi dibuat tanpa keyboard disebut TABLET.

Baik PC, laptop maupun tablet menggunakan OS untuk kompter yang telah dijelaskan di depan. Ketiganya bisa mengakses internet menggunakan jaringan seluler jika dilengkapi dengan MODEM. Ada laptop dan tablet yang di dalamnya telah dilangkapi dengan modem. Ada juga tablet yang dibuat sebagai smartphone (memiliki kemampuan sebagai ponsel).

Sedangkan smartphone adalah perangkat ponsel yang dilengkapi dengan perangkat komputer dengan kemampuan yang lebih rendah dari pada PC dan laptop. Smartphone bisa mengakses internet menggunakan jaringan seluler tanpa perlu menggunakan modem. Untuk mengurangi volumenya, biasanya smartphone menggunakan teknologi layar sentuh (touch screen) dan keyboard virtual sehingga tidak memerlukan keyboard seperti pada laptop. Ukuran smartphone dirancang supaya pas dengan genggaman.

Pada perangkat TI modern di atas terdapat komponen dengan fungsi masing-masing. Yaitu sebagai input, penglah data dan output.

Pada setiap perangkat elektronik yang dijual pasti dilengkapi dengan dokumen cara penggunaan dan perawatannya. Jika kamu memiliki perangkat elektronik atau TI yang baru kamu kenal, pastikan terlebih dahulu membaca dokumen tersebut supaya bisa berfungsi secara optimal dan tidak cepat rusak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s