SKU Penggalang Ramu #16

AREAL PENGEMBANGAN SOSIAL

KOMPETENSI DASAR

Mampu menerima dan mendorong orang lain untuk menaati norma-norma dan nilai-nilai yang berada di masyarakat lingkungannya.

STANDARD KOMPETENSI

Menerima dan mematuhi peraturan yang diciptakan masyarakat dengan rasa tanggung jawab.


MATERI SKU

Dapat menjelaskan dan menynyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dengan sikap yang benar serta dapat menyanyikan 2 lagu wajib nasional dan 1 lagu daerah Nusantara..

PENCAPAIAN PENGISIAN SKU

Berikut ini adalah contoh materi berkaitan dengan materi SKU ini yang cocok disampaikan kepada peserta didik.

SUMBER: HANDBOOK PRAMUKA PENGGALANG oleh Kak Lanang Kuncoro (materi lebih lengkap terdapat pada buku tersebut).

Indonesia Raya adalah lagu kebangsaan Republik Indonesia. Lagu ini pertama kali diperkenalkan oleh komponisnya, Wage Rudolf Soepratman, pada tanggal 28 Oktober 1928 pada saat Kongres Pemuda II di Batavia. Lagu ini menandakan kelahiran pergerakan nasionalisme seluruh nusantara di Indonesia yang mendukung ide satu “Indonesia” sebagai penerus Hindia Belanda, daripada dipecah menjadi beberapa koloni.

Meskipun W. R. Supratman bukan seorang pramuka, dalam lagu tersebut beliau memasukkan kata “PANDU” dalam teks “…jadi PANDU ibuku…”. Hal ini menunjukkan kiprah pandu (pramuka) pada masa perjuangan meraih kemerdekaan.

Lagu Kebangsaan Indonesia Raya termasuk Lagu Wajib Nasional. Lagu Nasional adalah lagu berbahasa Indonesia dimana isi dan jiwa lagu mencerminkan Indonesia. Yakni meliputi: keindahan alam, peristiwa penting dan pendidikan.

Diantara banyak lagu nasional, ada beberapa lagu yang ditetapkan dengan Peraturan Menteri Pemndidikan dan Kebudayaang sebagai Lagu Wajib. Yaitu lagu-lagu nasional yang wajib diajarkan oleh guru di sekolah. Diantaranya: Indonesia Raya, Mengheningkan Cipta, Garuda Pancasila, Halo-halo Bandung, Bendera Merah Putih, Syukur, Dari Sabang Sampai Meraoke, Maju Tak Gentar, Hari Merdeka, Bagimu Negri, Indonesia Tetap Merdeka, Satu Nusa Satu Bangsa, Teguh Kukuh Berlapis Baja, Rayuan Pulau Kelapa, Bangun Pemudi Pemuda, Berkibarlah Benderaku, Indonesia Pusaka, Ibu Kita kartini, Desaku Yang Kucinta, dan Bhineka Tunggal Ikha.

Pramuka penggalang diharapkan hafal dan bisa menyanyikan Lagu Kebangsaan, Lagu Wajib dan Lagu Daerah.


Untuk menguji materi SKU ini, pembina cukup meminta peserta didik menyanyikan lagu-lagu yang menjadi syarat: Lagu Indonesia Raya, 2 lagu wajib nasional selain Indonesia Raya dan 1 lagu daerah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s