SKU Penggalang Ramu #10

AREAL PENGEMBANGAN SOSIAL

KOMPETENSI DASAR

Mampu menerima dan mendorong orang lain untuk menaati norma-norma dan nilai-nilai yang berada di masyarakat lingkungannya.

STANDARD KOMPETENSI

Menerima dan mematuhi peraturan yang diciptakan masyarakat dengan rasa tanggung jawab.


MATERI SKU

Dapat menyebutkan tanda-tanda pengenal Gerakan Pramuka sesuai dengan golongan dan tingkatannya.

PENCAPAIAN PENGISIAN SKU

Berikut ini adalah contoh materi berkaitan dengan materi SKU ini yang cocok disampaikan kepada peserta didik.

SUMBER: HANDBOOK PRAMUKA PENGGALANG oleh Kak Lanang Kuncoro (materi lebih lengkap terdapat pada buku tersebut).

Tanda pengenal pada seragam pramuka dibagi menjadi 5:

  1. Tanda Umum
  2. Tanda Satuan
  3. Tanda Jabatan
  4. Tanda Kecakapan
  5. Tanda Penghargaan

Tanda Umum

  1. Penutup kepala (lengkap dengan tanda topi yang telah dijelaskan di atas)
  2. Setangan leher.
  3. Tanda pelantikan. Untuk seragam pramuka penggalang putra berbentuk belah ketupat dengan warna dasar coklat tua ditempel pada saku kiri. Sedangkan untuk pramuka penggalang putri berbentuk lingkaran kecil dengan warna dasar coklat tuaditempel pada ujung kerah kiri.
  4. Tanda pandu dunia. Untuk putra berbentuk persegi ditempel tepat di atas Tanda Pengenal nama diri.
  5. Tanda harian adalah tanda penghargaan yang ditempelkan pada seragam untuk digunakan sehari-hari.
  6. Tanda pengenal nama diri berbentuk persegi panjang dengan ukuran 10 cm X 1,5 cm. Warna dasar coklat muda. Huruf dan garis tepi selebar 1 mm warna hitam. Tanda ini dipasanng tepat di atas saku kanan.

Tanda Satuan

  • Pita Wilayah. Untuk tingkat kwartir cabang ke bawah bertuliskan nama kabupaten/ kota. Untuk tingkat kwartir daerah bertiskan KWARTIR DAERAH dan tingkat nasional bertuliskan KWARTIR NASIONAL. Warna dasar putih, tulisan merah.
  • Pita Nomor. Bertuliskan 2 digit nomor kwartir ranting diikuti 3 digit nomor gugusdepan. Warna dsar putih, tulisan merah. Hanya dikenakan anggota/ pembina/ majelis pembimbing gugusdepan.
  • Lencana Wilayah adalah badge berbentuk perisai yang berisi gambar lambang kwartir daerah. Untuk tingkat nasional bergambar Garuda Pancasila dan tulisan INDONESIA.
  • Tanda Regu (satuan terkecil pramuka penggalang) berbentuk persegi dengan ukuran 4 cm X 4 cm berisi gambar yang mewakili nama regu. Warna tanda regu tidak ditentukan.

Pita wilayah, pita nomor dan lencana wilayah ditempel pada lengan kanan baju dengan urutan seperti gambar di atas. Jarak pita wilayah dengan jahitan bahu sekitar 5 cm. Sedangkan tanda regu ditempel pada lengan kiri baju di atas tanda kecakapan umum (TKU).

Tanda Jabatan

  • 1 janur merah untuk wakil pemimpin regu
  • 2 janur merah untuk pemimpin regu
  • 3 janur merah untuk pemimpin regu utama/ pratama

Tanda Kecakapan

  • Tanda kecakapan umum (TKU) pramuka penggalang ditempel pada lengan kiri baju.
  • Tanda kecakapan khusus (TKK) ditempel pada lengan kanan dengan posisi seperti pada gambar di samping. Yang disematkan adalah 5 buah TKK yang pertama. Jika memiliki lebih dari 5 buah TKK, maka disematkan pada tetampan. Tetampan untuk pramuka penggalang terbuat dari kain berwarna coklat tua dengan lebar 10 cm. Kedua tepi dihiasi pita selebar 1 cm zigzag yang dipasang 0,5 cm dari tepi tetampan. Panjang tetampan menyesuaikan postur tubuh pemakai.

Aturan penggunaan tetampan diatur dalam sebagai berikut:

Jika memiliki lebih dari 5 buah TKK, maka disematkan pada tetampan bagian depan (dada). Tetampan dikenakan melintang dari bahu kanan ke pinggang kiri. Jika bagian depan sudah penuh, maka disematkan pada tetampan bagian belakang (punggung). Jika masih belum cukup, maka bisa menggunakan tetampan kedua yang dikenakan melintang dari bahu kiri ke pinggang kanan. Tetampan kedua dipasang di bawah (tertindih) tetampan pertama. Aturannya sama dengan tetampan pertama, badian depan dahulu sampai penuh, baru bagian belakang.

Tanda Pramuka Garuda (TPG) untuk pramuka penggalang berupa medali berbentuk segilima dengan warna dasar merah. Medali tersebut dilengkapi pita merah bergaris tepi warna putih untuk dikalungkan. Medali ini hanya digunakan pada saat mengikuti upacara.

Untuk pemakaian sehari-hari menggunakan tanda harian yang terbuat dari kain. Tanda harian pramuka garuda ditempelkan di atas saku kiri pada posisi paling atas.

Tanda Penghargaan

  • Tanda ikut serta kegiatan (TISKA) yang diberikan kepada pramuka penggalang sebagai penghargaan atas keikutsertaan dan keaktifannya dalam suatu kegiatan.
  • Tanda ikut serta bakti gotong-royong (TIGOR)sama dengan TISKA, namun khusus kegiatan yang bersifat gotong-royong/ bakti sosial.

Tiska atau tigor dikenakan di atas saku kanan. Tanda harian tiska/ tigor ditempel di atas tanda WOSM. Jika kamu mengenakan bintang tahunan, maka ditempel di atas bintang tahunan. Jika punya lebih dari satu tiska/ tigor, maka penempelannya setiap baris maksimal 3 buah. Jika sudah penuh, ditempel pada baris baru di atasnya. Tiska/ tigor berlaku selama maksimal 6 bulan sejak diberikan.

  • Bintang tahunan dikeluarkan oleh gugusdepan sebagai penghargaan atas keaktifan pramuka penggalang di gugusdepan selama satu tahun.

Bintang tahunan ditempelkan di atas tanda WOSM. Berjejer dari kiri ke kanan: siaga, penggalang, penegak dan pandega. Dalam satu golongan hanya perlu memakai satu bintang tahunan tertinggi (angka terbesar).

  • Lencana Wiratama diberikan kepada pramuka yang telah melakukan perbuatan luar biasa sehingga layak diberi penghargaan dari Kwartir Nasional.
  • Lencana Teladan diberikan kepada pramuka penggalang yang telah memnuhi kriteria tertentu dari kwartir nasional sehingga layak menjadi teladan dan mendapat penghargaan. Penghargaan ini bisa diusulkan oleh kwartir yang bersangkutan dan hanya bisa dikeluarkan oleh Kwartir Nasional.

Lencana Wiratama dan Lencana Teladan disematkan di atas saku kiri. Lencana ini hanya dipakai saat mengikuti upacara. Tanda harian dipasang di atas saku kiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s