SKU Penggalang Ramu #07

AREAL PENGEMBANGAN SOSIAL

KOMPETENSI DASAR

Mampu menerima dan mendorong orang lain untuk menaati norma-norma dan nilai-nilai yang berada di masyarakat lingkungannya.

STANDARD KOMPETENSI

Menerima dan mematuhi peraturan yang diciptakan masyarakat dengan rasa tanggung jawab.


MATERI SKU

Dapat mengetahui dan menjelaskan manfaat dari penghijauan.

PENCAPAIAN PENGISIAN SKU

Berikut ini adalah contoh materi berkaitan dengan materi SKU ini yang cocok disampaikan kepada eserta didik.

SUMBER: HANDBOOK PRAMUKA PENGGALANG oleh Kak Lanang Kuncoro (materi lebih lengkap terdapat pada buku tersebut).

Untuk memenuhi kebutuhannya, seringkali manusia terpaksa “merusak” alam. Misalnya, untuk membangun tempat tinggal atau pemukiman. Manusia perlu menebangi pohon sebagai bahan baku membuat rumah dan meratakan lahan sebagai tempat mendirikan rumah. Pada area yang lebih besar, manusia perlu mendirikan pabrik,   gedung perkantoran, gedung sekolah, gedung pusat perbelanjaan dan sebagainya.

Untuk memenuhi kebutuhan transportasi yang lebih cepat, kamu juga sering menggunakan kendaraan bermotor bukan? Jalan raya yang nyaman dengan dilapisi aspal mengurangi kemampuan tanah dalam menyerap air. Kendaraan bermotor (mobil, bus, motor, dan sebagainya) yang kamu kendarai mengeluarkan emisi yang mengotori udara.

Lantas, apakah semua itu perlu ditinggalkan? Tentu saja tidak. Bagaimana mungkin kita memenuhi kebutuhan tanpa adanya pabrik yang membuat kain untuk pakaian dan peralatan sekolahmu, tanpa kendaraan yang mengantarmu ke sekolah, tanpa pusat perbelanjaan yang menyediakan berbagai macam kebutuhan manusia.

Dengan menyadari pengaruh tindakan manusia yang “merusak” alam, maka kita perlu mengimbangi dengan melakukan tindakan “membangun” alam. Yaitu dengan melakukan PENGHIJAUAN. Penghijauan adalah upaya pemulihan, pemeliharaan dan peningkatan kondisi lahan agar lingkungan memiliki kondisi alam yang baik, sehingga nyaman untuk penghuninya.

Penghijauan tidak hanya terbatas pada penanaman pohon saja, tetapi juga termasuk menjaga kebersihan, pengaturan air, perlindungan alam dari kerusakan, dan sebagainya. Penghijauan bukan hanya berdampak pada alam saja. Justru kita lah yang nantinya merasakan manfaat terbesar.

Coba kamu perhatian apa saja manfaat penghijauan di bawah ini:

  1. Sebagai paru-paru lingkungan. Saat ada cahaya (bukan hanya saat siang hari), pepohonan berfotosintesis, menyerap karbon dioksida (CO2) dan menghasilkan oksigen (O2). Artinya, semakin banyak pepohonan maka udara akan semakin terasa segar karena mengandung banyak oksigen.
  2. Manfaat klimatologis (mempengaruhi iklim) secara mikro. Pada lingkungan yang banyak pohonnya, akan terasa lebih sejuk meskipun pada siang hari yang panas/ gerah.
  3. Menambah nilai estetika atau keindahan. Pepohonan bisa menjadi penghias alami. Tempat yang dihiasi tanaman akan lebih indah dan sedap dipandang mata.
  4. Manfaat orologis, yaitu akar pohon-pohon yang besar bisa mencegah terjadinya erosi atau pengikisan tanah.
  5. Manfaat edhapis, yaitu dengan adanya banyak tumbuhan, lingkungan yang hijau bisa menjadi habitat (tempat hidup) beberapa jenis hewan.
  6. Manfaat hidrologis, yaitu kemampuan akar pepohonan menahan air. Pada saat hujan, akan ada banyak air yang meresap ke dalam tanah. Air itulah yang nantinya tersimpan dalam tanah dan menjadi persediaan air bagi manusia selama musim kemarau. Kenapa air tersebut bisa tersimpan di dalam tanah? Karena ada akar pepohonan yang menahannya. Jika akar pepohonan berkurang, maka ada banyak air yang telah meresap ke dalam tanah tidak akan tersimpan dan mengalir terus ke dataran yang lebih rendah atau ke laut.
  7. Manfaat ekologis, maksudnya pada lingkungan yang hijau akan membentuk ekosistem yang baik.
  8. Manfaat protektif, pepohonan yang ada di lingkungan kita bisa melindungi manusia. Misalnya pohon yang besar bisa melindungi dari teriknya matahari, ada beberapa jenis pohon yang bisa mencegah datangnya hewan yang merugikan manusia (ular, nyamuk, dsb).
  9. Manfaat edukatif, dengan melakukan penghijauan kita sekaligus bisa membuat laboratorium hidup. Misalnya, pada pelajaran ilmu pengetahuan alam disebutkan ada beberapa tanaman yang bisa digunakan sebagai indikator alami sifat asam-basa. Maka di sekolah bisa dilakukan penghijauan dengan menanam jenis tanaman tersebut. Nantinya tanaman tersebut bisa digunakan sebagai bahan percobaan.
  10. Manfaat rekreatif, taman kota adalah salah satu contoh program penghijauan yang sekalikus bisa dimanfaatkan menjadi tempat rekreasi atau refreshing.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s