Kalkulator

PERSIAPAN

  • Buat kartu bernomor untuk menjadi tombol kalkulator. Setiap kartu berisi satu angka antara 1 s.d. 100. Tidak boleh ada kartu yang memiliki nomor yang sama. Tidak harus membuat sebanyak 100 kartu, karena yang digunakan untuk bermain hanya beberapa kartu saja.
  • Buat area kalkulator untuk meletakkan kartu-kartu tersebut. Bisa menggunakan pembatas tali, gambar garis dari kapur, dan sebagainya. Semakin besar area kalkulator semakin sulit. Atau bisa juga menggunakan meja.

CARA BERMAIN

  1. Pilih kartu secara acak sesuai jumlah anggota kelompok yang bermain. Lalu letakkan kartu di dalam area kalkulator. Misalnya jika ada 8 pemain setiap kelompok maka bisa meletakkan kartu dengan angka: 24, 26, 28, 42, 45, 57, 62 dan 63.
  2. Kelompok yang bermain-main bersiap dari titik “base” yang berjarak cukup jauh dari “kalkulatur” sehingga mereka tidak dapat melihat “tombol” (berupa kartu).
  3. Tugas mereka adalah mengirimkan satu-persatu anggotanya untuk menekan tombol. Pemain pertama berlari menuju kalkulator lalu menekan salah satu tombol (kartu) sambil meneriakkan angka yang tertulis.
  4. Setelah pemain pertama kembali ke base, pemain kedua baru boleh berlari menuju kalkulator untuk menekan tombol dengan angka yang lebih besar lalu kembali ke base. Ulangi hal yang sama hingga semua pemain telah menekan tombol dan kembali ke base.
  5. Aturannya tombol yang sudah ditekan tidak boleh ditekan lagi oleh pemain lain. Pemain berikutnya haris menekan tombol dengan angka yang lebih besar dari pemain sebelumnya.
  6. Berarti setiap pemain harus secara bergiliran menekan angka dari urutan terkecil hingga terbesar. Jika ada urutan yang dilompati (terlewat), maka pemain terakhir akan tidak kebagian tombol. Pemain yang menyadari ada tombol yang terlewat boleh berteriak “RESET”. Artinya permainan diulang dari awal dengan urutan pemain tidak harus sama, tetapi waktu tetap berjalan.
  7. Saat menekan tombol, tubuh pemain tidak boleh menyentuh atau masuk ke area kalkulator. hanya telapak tangannya saja yang boleh menyentuh salah satu tombol yang dipilihnya. Jika pemain melanggar atiran ini, maka permainan di-RESET.  Permainan diulang dari awal dengan perhitungan waktu tetap berjalan.
  8. Jika ada pemain yang menekan tombol yang sudah ditekan atau tombol dengan angka yang lebih kecil dari pemain sebelumnya, maka permainan juga akan di-RESET.
  9. Kelompok terbaik adalah kelompok yang dapat menyelesaikan permainan dengan waktu tercepat.

VARIASI

  • Untuk pramuka siaga bisa dipermudah dengan urutan angka yang lebih kecil dan tidak acak. Misalnya: 1, 2, 3, 4, 5, 6, …dst.
  • Untuk menambah tingkat kesulitan, fasilitator bisa meletakkan 2 tombol dengan angka yang sama. Sehingga pemain berikutnya harus memilih satu tombol dengan angka yang sama tersebut tetapi belum ditekan oleh pemain sebelumnya.
  • Permainan ini juga bisa dipersulit dengan cara mengganti “angka” dengan “kata”. Urutannya seperti urutan  penyusunan kata-kata dalam kamus.
  • Untuk pramuka siaga bisa mengganti “angka” dengan nama hewan. Urutannya dari hewan terkecil hingga terbesar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s