JUKRAN PRAMUKA GARUDA TERBARU (2008)

Pada akhir tahun 2008, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka telah mengeluarkan Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda yang terbaru. Petunjuk Penyelenggaraan tersebut ditetapkan dengan Keputusan Kwarnas No. 180.A Tahun 2008 menggantikan aturan yang lama yakni Keputusan Kwarnas No. 101 Tahun 1984.

Petunjuk Penyelenggaraan (jukran) Pramuka Garuda terbaru bisa kamu unduh melalui tautan berikut:

google-drive     mediafire-logo

Apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dari Jukran Pramuka Garuda ini?

TKK Wajib Ditentukan Oleh Gudep

Pada ketentuan sebelumnya, 10 macam TKK wajib bagi pramuka penggalang dan pramuka pandega telah ditentukan dalam petunjuk penyelenggaraan. Namun pada ketentuan yang baru, 10 TKK wajib tersebut ditentukan oleh gugusdepan masing-masing peserta didik.

Memiliki  TKK pramuka penggalang  sekurang-kurangnya  10  (sepuluh) macam,  dari  tiga  bidang,  sekurang-kurangnya  dua  macam  tingkat utama,  dan  tiga  macam tingkat  madya.  Jenis  TKK  yang  diwajibkan berdasarkan ketentuan gugusdepan dimana penggalang berada.

Sedangkan untuk pramuka penegak berbunyi:

Memiliki  TKK pramuka  penegak  sekurang-kurangnya  10  (sepuluh) macam,  terdiri  dari  5  (lima)  TKK  wajib,  dan  5  (lima)  TKK  pilihan  yang ditentukan  oleh  gugusdepannya.  Dari  kesepuluh  TKK  tersebut sekurang-kurangnya  3  (tiga)  macam  TKK tingkat utama,  dan  5  (lima) macam tingkat madya.

Pramuka Garuda Hijau, Merah, Kuning, Perak dan Emas

Pada ketentuan terbaru ada sebutan baru:

  1. Tanda Pramuka Garuda Hijau untuk Pramuka Siaga.
  2. Tanda Pramuka Garuda Merah untuk Pramuka Penggalang.
  3. Tanda Pramuka Garuda Kuning untuk Pramuka Penegak.
  4. Tanda Pramuka Garuda Perak untuk Pramuka Pandega.
  5. Tanda Pramuka Garuda Emas untuk Pramuka yang telah memperoleh Tanda Pramuka Garuda dalam tiga golongan.

Perubahan Ukuran dan Warna

Sebelumnya ukuran sisi segilima pada TPG 2 cm dengan garis tepi selebar 2 mm. Pada ketentuan yang berlakusaat ini ada 2 macam ukuran. Untuk TPG hijau dan merah sisinya berukuran 3 cm dengan lebar garis tepi 2,5 mm. Sedangkan TPG kuning, perak dan emas sisinya berukuran 4,5 cm dan lebar garis tepinya 5 mm.

Sebelumnya lebar pita 2,5 cm dengan pembagian 0,4 cm berwarna putih di sisi luar dan 1,7 cm berwarna merah di bagian dalam. Menurut ketentuan yang berlaku saat ini berukuran 3 cm (TPG hijau dan merah) dan 4,5 cm (TPG kuning, perak dan emas). Pembagian warnanya menjadi 5 area dengan lebar sama dengan komposisi merah-putih-merah-putih-merah.

Ketentuan Pemakaian

Ada 2 perubahan pada ketentuan pemakaian. Pertama, sebelumnya TPG hanya boleh dikenakan saat pramuka masih pada golongan usia sesuai TPG yang dimilikinya. Menurut ketentuan yang berlaku sekarang TPG boleh dipakai seterusnya (meski sudah berpindah golongan atau menjadi angota dewasa).

Tanda  Pramuka  Garuda  merupakan  penghargaan  yang  dapat  dipakai selama masih menjadi anggota Gerakan Pramuka.

Kedua, sebelumnya TPG harian ditempelkan di atas saku kanan (atau dada kanan) di atas tanda WOSM dan TISKA? TIGOR. Sekarang TPG Harian ditempelkan di atas saku kiri (dada kiri) di atas tanda-tanda lainnya.

Pemberian TPG dan Wadah Persaudaraan Pramuka Garuda

Menurut ketentuan yang berlaku saat ini, pemberian TPG bagi pramuka siaga dan pengalang merupakan wewenang kwarcab, untuk pramuka penegak  dan pramuka pandega merupakan wewenang kwarda, dan untuk Pramuka Garuda Emas merupakan wewenang Kwarnas. Akan tetapi untuk tim penilai tetap terdiri dari ka. gudep, pembina satuan, orang tua/ wali, andalan/ pelatih cabang, dsb (lebih lengkapnya silahkan baca pada dokumen yang bisa diunduh pada tautan di atas).

Jukran Pramuka Garuda yang berlaku saat ini juga menyarankan untuk membentuk organisasi independen yang menjadi wadah bagi para Pramuka Garuda. Wadah tersebut disebut PERSAUDARAAN PRAMUKA GARUDA, dimana bisa memiliki nama dan logo sendiri sesuai keinginan para Pramuka Garuda yang bergabung di dalamnya. Di tingkat cabang bisa dibentuk wadah bagi Pramuka Garuda Hijau dan Merah. Di tingkat daerah bisa dibentuk wadah bagi Pramuka Garuda Kuning dan Perak. Dan bagi Pramuka Garuda Emas, wadahnya dibentuk di tingkat nasional.

Tidak Mencantumkan Arti Gambar TPG

Sayangnya pada jukran yang terbaru ini tidak memuat arti gambar pada TPG sebagaimana pada jukran yang lama (1984). Pada jukran yang lama disebutkan arti gambarnya:

  • Bentuuk segilima mencerminkan Pancasila.
  • Gambar garuda terbang menunjukkan kiasan kekuatan besar dalam dirinya untuk menggapai cita-cita yang tinggi, bertindak dengan jiwa pramuka yang berkembang dalam dadanya, dan berpegang pada semboyan SETIA-SIAP-SEDIA.
  • Bulu pada sayap mengambarkan jumlah 17, ekor 8 helai dan dada 45 helai. 17 Agustus 1945 adalah hari diproklamirkannya kemerdekaan Indonesia.
  • Pada dada tergantung tunas kelapa, lambang Gerakan Pramuka yang digantungkan dengan 10 mata rantai (Dasadarma).
  • Pita yang digenggam garuda berlipat 3 (Trisatya) dan ujung-ujungnya terbelah 2 (Dwisatya dan Dwidarma).

Satu pemikiran pada “JUKRAN PRAMUKA GARUDA TERBARU (2008)

  1. wah, melihat isi jukrannya. sulit juga untuk bisa lolos jadi garuda, adik-adik kita itu. tapi setara lah jika dibandingkan dengan wadah yang disiapkan oleh kwarcab untuk mereka. berkelas. harusnya dalam seleksi administratif tanpa toleransi dibuktikan kelengkapan persyaratannya. seperti sudah pernah berkemah 6 kali untuk penggalang, sekurang-kurangnya 4 hari (per perkemahan). pernah melakukan pengembaraan. menguasai satu bahasa internasional. lomba tingkat. anak kota bisa, anak desa juga bisa. tapi tidak sembarangan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s