Semaphore

Semaphore adalah cara pengiriman informasi jarak jauh secara visual menggunakan kombinasi kedua belah tangan. Agar mudah dilihat, pengirim isyarat semaphore biasanya memegang benda seperti bendera, dayung, atau benda lain yang mencolok. Bisa juga dilakukan dengan tangan kosong atau sarung tangan yang berwarna kontras dengan latar belakang. Apabila pengiriman berita dilakukan saat malam hari, pengirim memegang benda yang bercahaya seperti lampu senter, lampu tongkat atau semacamnya. Informasi yang dikirimkan berupa huruf-huruf yang dibentuk oleh kombinasi kedua belah tangan pengirim.

Optical Telegraph

Pengiriman informasi secara visual biasa disebut sebagai “optical telegraph”. Cara ini sudah dipakai sejak dahulu kala, yaitu dengan sinyal api maupun isyarat dengan asap. Bentuk optical telepgraph modern pertama kali diperkenalkan oleh Robert Hooke pada tahun 1684. Hooke merancang alat tersebut untuk digunakan dalam peperangan. Namun perangkat ini belum pernah diketahui digunakan di lapangan.

Perangkat optical telegraph yang diterapkan di lapangan pertama kali pada tahun 1792 di Perancis. Perangkat tersebut diciptakan oleh Claude Chappe dan saudaranya. Mereka berhasil membangun 556 menara pengirim semaphore yang saling terhubung secara visual hingga mecapai total jarak 4.800 km. Perangkat ini digunakan untuk kebutuhan militer dan komunikasi nasional hingga tahun 1850.

Perangkat ini berupa menara dengan tiang berlengan. Posisi lengan pada tiang berubah-ubah yang bisa diterjemahkan menjadi huruf atau pesan tertentu. Cara ini dinilai sangat efektif pada masa itu. Jauh lebih cepat dibandingkan dengan pengiriman berita menggunakan kurir berkuda. Namun cara ini memiliki kelemahan, yaitu mahal (perlu membuat banyak tower) dan tidak ada kerahasiaan. Maka pada awal abad ke 19, setelah ditemukan telegrap listrik, perangkat ini tidak digunakan lagi.

Perangkat semaphore ciptaan Chappe ini pada masanya diadopsi oleh banyak negara. Hingga saat ini, perangkat yang mirip masih dipakai sebagai alat komunikasi pada jalur kereta api. Pengembangan yang lain adalah pengiriman semaphore menggunakan tangan seperti yang kamu kenal dalam kegiatan-kegiatan kepramukaan.

Isyarat Semaphore di Kepramukaan

Isyarat semaphore yang lazim digunakan dalam kegiatan kepramukaan diambil dari angkatan laut dan berlaku secara internasional. Gerakan Pramuka tidak membuat standar tersendiri, Jadi, karakter huruf dan tata cara pengiriman isyarat semaphore di seluruh dunia sebagian besar sama. Kecuali negara tertentu yang menggunakan selain huruf latin, misalnya Jepang.

Bendera Semaphore

Yang paling sering kita temui berupa bendera persegi 40 cm X 40 cm yang terdiri dari dua buah segitiga siku-siku berwarna merah dan kuning. Sering timbul perbedaan pendapat apakah warna merah atau kuning yang menempel pada tongkat. Sebenarnya versi yang manapun tidak salah, karena prinsipnya penggunaan bendera tersebut adalah agar lebih mudah dilihat. Tetapi, yang lazim di kalangan angkatan laut adalah warna kuning lah yang menempel pada tongkat.

International Maritime Signal Flags

Bentuk bendera merah-oranye untuk mengirim semaphore sebenarnya berasal dari International Maritime Signal Flags. Yaitu sinyal bendera yang berlaku internasional berupa berbagai macam pola dan warna bendera berbentuk persegi. Setiap pola bendera mewakili satu huruf, A (alpha), B (bravo), C (charlie), D (delta), dan seterusnya.

Bendera yang kamu kenal sebagai bendera semaphore adalah bendera “oscar” mewakili huruf O. Perhatikanlah sisi kiri (yang menempel pada tongkat) adalah sisi kuning. Angkatan laut memilih bendera Oscar karena warnanya yang dinilai onras dengan latar belakang biru langit dan air laut.

Sedangkan untuk pengiriman isyarat di darat biasanya menggunakan bendera “papa” mewakili huruf P. Namun, dalam kegiatan kepramukaan di sekitar kita hal ini tidak lazim digunakan. Sekali lagi saya ingatkan, hal ini tidak salah atau menjadi masalah. Karena prinsipnya adalah memanfaatkan benda yang menolok sehingga isyarat semaphore yang dikimkan bisa terlihat dengan jelas.

Yang salah adalah memaksakan menggunakan bendera merah-kuning saat latar belakang pengirim tidak kontras dengan warna tersebut. Juga hal yang salah jika ada orang atau pembina pramuka yang melarang penggunaan benda lain selain bendera oscar.

Daftar Huruf dalam Semaphore

sumber: Visual Signalling in the Royal Canadian Navy

Penggunaan Semaphore yang Terkenal

Logo “peace” yang terkenal sebenarnya diambil dari kombinasi huruf N dan D dalam semaphore. ND adalah keendekan dari Nuclear Disarmament. yaitu bentuk protes terhadap penggunaan senjata nuklir (bom atom). Logo tersebut dibuat oleh Gerald Holtom (Twickenham, London).

Satu lagi penggunaan sema[hore yang terkenal adalah saat grup band The Beatles berpose dengan isyarat semaphore untuk cover albumnya yang berjudul “Help”. Keempat personel The Beatles berpose membentuk huruf H-E-L-P.

 

4 pemikiran pada “Semaphore

  1. saya kangen pengen kegiatan pramuka, dulu pas SMP sama SMA aja. dan gak diajarin ketrampilan2 lain selain tali temali, semaphore dan PBB… coba ada kegiatan pramuka bagi yang sdh gak sekolah lagi ya

    1. LK

      Betul Kakak… terima kasih sudah mengkoreksi, segera saya edit. Rupanya memang ada semacam urban legend kenapa di cover album HELP mereka berpose isyarat semaphore NUJV.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s