Fleur-de-Lis

Kata “fleur” dalam bahasa Perancis berarti bunga (flower), sedangkan “lis” berarti lily. Fleur-de-lis dikenal sebagai bentuk simbol yang menyerupai bunga lily. Ada juga yang berpendapat simbol fleur-de-lis lebih menyerupai bunga iris.   Simbol ini banyak digunakan di Eropa di masa lalu hinga kini. Baden-Powell, termasuk yang terinspirasi menggunakan simbol ini seagai “badge” untuk para Pramuka (scouts) yang dididiknya.

Perbandingan gambar bunga lily dengan ornamen fleur-de-lis.

Sejarah Fleur-de-Lis

Ada legenda yang mengisahkan simbol fleur-de-lis tiba-tiba muncul di ukiran mahkota milik Raja Clovis I (Perancis), menggantikan simbol bulan sabit. Berkaitan dengan hal ini, sejak saat itu simbol fleur-de-lis digunakan sebagai penanda generasi raja Perancis yang menganut agama Kristiani. Sejak saat itu, simbol fleur-de-lis banyak digunakan dalam berbagai media, seperti pakaian, bendera/ panji dan perisai.

Versi lain menyatakan Clovis I pertama kali mengenakan simbol fleur-de-lis saat menempelkan bunga lily pada penutup kepalanya tepat sebelum memenangkan Perang Vouille. Ia terinspirasi terhadap bunga lily air yang membantunya menuntunnya menyeberangi sungai dengan aman. Bagian sunya yang dangkal dan bisa di seberangi biasanya ditumbuhi unga lily air.

Agama dan Peperangan

Fleur-de-lis, di masa lalu sering digunakan sebagai simbol keagamaan. Gereja Katholik Roma merepresentasikan emblem berbentuk bunga lily sebagai perlambang Bunda Maria. Berdasarkan bentuk 3 helainya juga bisa diartkan sebagai simbol Trinitas.

Di sisi lain, simbol fleur-de-lis jua sering digunakan dalam panji peperangan. Yang paling terkenal adalah kisah Joan of Arcadia. Joan adalah panglima perang wanita pertama yang pernah memimpin seluruh pasukan Perancis dalam peperangan besar melawan Inggris. Ia mengibarkan kain putih besar dengan simbol fleur-de-lis saat memperjuangkan tahta Raja Charles VII atas wilayah Perancis yang saat itu dikuasai Inggris.

Bentuk fleur-de-lis juga menyerupai bentuk kepala tombak yang digunakan pasukan Amerika dalam peperangan di masa lalu.

Fleur-de-Lis dalam Logo WOSM

Berbeda dengan pengunaan lebih awal di Perancis, simbol fleur-de-lis dalam logo WOSM memiliki arti dan sejarah sendiri. Simbol itu merupakan bagian dari badge yang dirancang sendiri oleh Baden-Powell.

Di masa awal Baden-Powell merintis kepramukaan, banyak yang salah mengartikan bahwa gerakan tersebut berusaha membentuk pemuda biasa menjadi tentara yang siap berperang. Baden-Powell merasa terganggu, karena pemahaman  tentang kepramukaan sudah mulai disalah artikan pada masa awal perintisannya.

Mereka yang berasumsi tersebut bukannya tidak berdasar. Mereka melihat badge yang dikenakan menyerupai ujung tombak perlambang peperangan dan pertumpahan darah.Lalu Baden-Powell menjelaskan bahwa simbol tersebut adalah fleur-de-lis, bentuk bunga lily sebagai perlambang perdamaian dan kesucian.

Baden-Powell juga menjelaskan filosofi simbol fleur-de-lis versi Pramuka. Flavo Gioja seorang navigator dari Italia membuat kompas yang bertilskan 4 penjuru arah mata angin. Dalam bahasa Italia, arah utara disebt “Tramontana”. Untuk menghormati sang raja, Flavo Gioja mengkombinasikan huruf “T” dengan simbol fleur-de-lis. Sejak saat itulah anak panah penunjuk arah utara digunakan pada setiap peta.

Jadi, simbol fleur-de-lis diambil oleh Baden-Powell bukan dari sisi agama maupun peperangan. Tetapi filosofi seorang Pramuka yang berusaha bergerak ke arah yang benar (utara), tidak melenceng ke kiri maupun ke kanan. Tambahan dua bintang di kiri dan kanan sebagai isyarat bahwa seorang pramuka harus terbuka “mata”-nya. Gambar bintang juga sebagai lambang “kebenaran” dan “pengetahuan”. Tiga helai dalam simbol tersebut melambangkan Trisatya (Scout Law). Sedangkan lingkaran tali dengan simpul melambangkan ikatan yang kuat antar Pramuka di seluruh dunia.

Sumber pustaka:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s