Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-51 Kwarcab Klaten

Lapangan Barepan yang terletak di Kecamatan Cawas, Klaten tidak seperti biasanya. Sejak pagi-pagi sekali dipenuhi oleh anak-anak berseragam Pramuka. Yang lebih mencolok, ada lebih dari 400 anak berpakaian serba hitam dengan menenteng “kuda” mereka. Mereka bersiap-siap untuk unjuk kebolehan di hadapan para peserta Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-51 Kwarcab Klaten.

Karena Hari Pramuka tahun 2012 bersamaan dengan bulan puasa, Kwarcab Klaten melaksanakan upacara peringatan tersebut tepat sebulan setelah Hari Pramuka, yaitu pada hari Jumat, 14 September 2012. Kali ini, Kwarran Cawas berkesempatan menjadi tuan rumah peringatan tersebut.

Sebelum upacara dimulai, peringatan Hari Pramuka kali ini diramaikan dengan gelar pertinjukan seni dan budaya. Yang tampil pertama adalah lebih dari 400 Pramuka Siaga menampilkan Tari Jaranan secara massal. Mereka sebelumnya pernah menjadi bagian dari pemecahan rekor MURI Tari Jaranan dan Tari Gambyong massal terbanyak, dalam rangka peringatan hari jadi Kota Klaten. Pertunjukkan berikutnya adalah penampilan Marching Band dari SMA N 1 Cawas. Diikuti demo dari Perguruan Pencak Silat Merpati Putih dan pertunjukkan Reog Ponorogo.

Sayangnya, Bupati Klaten selaku Ka. Mabicab Klaten berhalangan menghadiri upacara tersebut. Beliau digantikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten sebagai Pembina Upacara.

Yang unik dari upacara kali ini, tidak semua peserta berseragam coklat muda – coklat tua. Ada 1 kompi barisan yang berseragam hijau. Mereka adalah perwakilan dari Hizbul Wathan yang memang diundang oleh Kwarcab Klaten. Hal ini menunjukkan bahwa perbedaan tidak perlu diiringi dengan perpecahan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s