Wikileaks: Sandi Enkripsi Indonesia Paling Sulit

Wikileaks, situs yang mengguncangkan dunia, dengan memuat berita – berita yang bersinggungan dengan suatu negara, membuat merah telinga yang di singgung. Dokumen Amerika berhasil di bobol dengan mudah kemudian disebarkan ke seluruh dunia. Konten yang membuat pro kontra. Ada yang senang, tetapi ada juga yang tak senang. Tetapi, menurut pihak Wikileaks, mereka mengaku sulit memecahkan kata – kata sandi dari Indonesia!

Menurut dokumen – dokumen rahasia yang didapat oleh Wikileaks, badan inteligen Amerika Serikat, CIA, dan badan keamanan nasional Amerika Serikat, NSA, menangkap pesan – pesan singkat ( SMS ) dari dan ke Indonesia. Pesan – pesan tersebut mempunyai traffic yang cukup besar. Pesan – pesan ini membuat mereka curiga karena semua pesan singkat tersebut penuh dengan sandi yang berisi kode angka, huruf dan simbol. Sekilas kode – kode ini terlihat sederhana. Namun, para ahli kriptografi ( ahli sandi ) berpendapat sandi ini lebih kompleks dari yang terlihat. Kalimat – kalimatnya pendek, dan kata – katanya jauh lebih singkat dari kata – kata normal dalam bahasa Indonesia.

Selain itu, tampaknya ada sebagian kata yang merupakan gabungan dari beberapa kata tetapi punya arti lain ( portmanteaux ). Bahasa yang digunakan sepertinya juga bukan bahasa Indonesia pada umumnya, atau mungkin di ambil dari bahasa daerah.

Seorang agen yang menyelidiki pesan – pesan ini menyatakan: “Pesan berisi kode yang kirimkan lewat jalur terbuka seperti layanan SMS membuktikan orang yang mengirim yakin bahwa kodenya tidak mudah untuk dipecahkan, setidaknya sampai informasi yang dikode sudah tidak valid lagi. Kode ini harus dipecahkan secepatnya karena bisa mengancam keamanan nasional”. Pernyataan ini berada dalam sebuah laporan di dalam salah satu dokumen yang didapat oleh Wikileaks.

Berikut contoh pesan yang didapat oleh Wikileaks:

Owh ea muuph lupa ng@s1h s4L4m,,,, Ini EnDoet LuThuwna EmbeM C@ianK Cmu@na. Inged gag kag? Eh, kug blzna pjg bgd ch? Gi ng4ps?

Kita sering merendahkan anak-anak alay. Apakah karena kita iri dengan kemampuan mereka menulis pesan dengan sandi yang belum bisa dipecahkan dengan buku panduan Pramuka manapu?

2 pemikiran pada “Wikileaks: Sandi Enkripsi Indonesia Paling Sulit

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s