Permainan Konsentrasi

Permainan ini untuk melatih adik-adik Pramuka Siaga. Cukup mudah karena tidak memerlukan alat dan tempat khusus. Cukup pilih tempat yang cukup luas agar bisa diikuti semua barung.

Setelah semua siaga berkumpul, minta mereka membentuk lingkaran, atau bersaf, yang penting semua bisa melihat bunda/ yanda. Pembina memberi penjelasan:

“Siaga sekalian, perhatikan baik-baik, Bunda (Yanda) mau bercerita. Jika Bunda (Yanda) menyebutkan mata, lutut, pipi, hidung, rambut atau bagian tubuh lainnya, peganglah bagian tubuhmu seperti yang Bunda (Yanda) sebutkan dengan kedua tangan.”

“Peganglah dengan cepat-cepat, dan siaga yang kalah (salah memegang/ kurang memperhatikan dan tidak segera memegang) akan dicatat oleh barungnya.”

Lalu bunda (yanda) bercerita dengan sesekali menyebutkan bagian tubuh dan berhenti sejenak untuk memperhatikan bagaimana siaga merespon. Barung yang paling sedikit melakukan kesalahan adalah barung yang unggul. Denga catatan, jika dalam satu barung ada lebih dari satu yang salah, maka kesalahan dihitung sesuai jumlah siaga yang melakukan kesalahan.

Sesekali, bunda (yanda) bisa mengecoh dengan menyebut satu bagian tubuh sambil memegang bagian tubuh yang lain. Apakah ada siaga yang terkecoh? Karena permainannya adalah menyentuh sesuai yang dikatakan bunda (yanda), bukan sama dengan yang disentuh bunda (yanda).

Permainan ini memang membutuhkan kreatifitas pembina untuk membuat cerita. Sebagai contoh, buat cerita tentang 2 siaga yang saling berteman. Salah satunya rajin menjaga kebersihan dan kesehatan, sedangkan yang satunya malas dan jorok.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s