Tips Memilih Tenda Dome

Dalam kegiatan luar ruangan seperti petualangan di alam bebas, tenda dome atau tenda outdoor sangat diperlukan untuk melindungi kita dari hujan, angin, lembab, dingin, panas, dll. Dan pada dewasa ini, aneka model tenda dome banyak beredar di pasaran dengan harga yang beragam.

Tetapi sering kita salah dalam memilih dan menentukan tenda dome atau tenda outdoor yang akan kita gunakan. Dan berikut ini tips memilih tenda dome agar nantinya sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Tinggi Tenda

Tenda untuk pendakian gunung cenderung konstruksinya lebih rendah dari pada tenda untuk camping ( Tenda Dome ), ini dikarenakan untuk lebih tahan terhadap tiupan angin yang lebih kencang didaerah ketinggian gunung ketimbang lokasi camping yang berada lebih rendah di kaki gunung.

Pilihlah tenda yang lebih rendah konstruksinya. Tinggi tenda setidaknya maksimal 1 meter atau 40 inci. Ini berdasar pengamatan tenda – tenda di luar negeri rata – rata tingginya 1m atau dibawahnya. Seperti biasa, makin tinggi tenda makin besar daya tangkap anginnya.

Bahan Tenda

Perhatikan bahan tenda dome, pilihlah yang dari nylon jangan pilih tenda yang terbuat dari kain katun bahan bagian dalamnya ( inner ) terbuat dari katun, jika tenda ini dipakai digunung yang tinggi yang bersuhu lembab akan sangat dingin sekali, tenda ini tidak bisa memberikan isolasi yang baik bagi penghuninya. Tenda dengan bahan jenis ini hanya cocok dipakai untuk camping.

Bentuk Tenda

Hindari memilih tenda yang mempunyai bagian terbuka menganga, apalagi bagian atas, karena akan jadi “santapan” angin, karena angin dan badai adalah kendala utama yang dihadapi jika berada di tempat ketinggian, sebaiknya anda melihat di tempat penjual tenda.

Bobot dan Dimensi

Pilihlah tenda dome yang masuk akal beratnya dan dimensi yang kecil pada saat di packing. Selain untuk kepraktisan juga sangat membantu ketika harus dibawa – bawa dalam carrier, nah ada baiknya anda melihat terlebih dahulu.

Ada bermacam – macam bentuk tenda yang sekarang di jual bebas di toko tempat jual tenda. Bentuk tenda yang berbagai macam tersebut ternyata juga memiliki penempatan yang berbeda pula. Bentuk tenda dome yang seperti bola terpotong setengah dan tenda berjenis tunnel ( terowongan ) bisa dibawa untuk kondisi berkemah sepanjang tahun di pegunungan – pegunungan tropis seperti di Indonesia.

Sedangkan tenda dengan bentuk geodesic lebih diperuntukan untuk gunung – gunung salju dan ekspedisi – ekspedisi besar di Himalaya. Tenda jenis kubah ( A-Frame ) lebih baik dipergunakan untuk kondisi anggota tim berjumlah banyak. Jadi kembali ke pertanyaan pertama di atas kondisi seperti apa yang akan Anda hadapi di lapangan sangat berpengaruh pada jenis tenda yang akan Anda bawa.

Frame tenda merupakan salah satu bagian penting yang harus diperhatikan juga. Material yang digunakan sebagai bahan dasar frame tenda tergantung dari kondisi bagaimana yang akan dihadapi di lapangan. Frame dari bahan fibreglass berharga lebih murah tetapi cenderung merusak kain tenda dan mudah goyah bila terkena angin keras, juga mudah pecah.

Tenda yang menggunakan frame jenis fibreglass ini sering kita temukan di tenda – tenda dome dan tunnel yang diperuntukkan di gunung – gunung tropis. Frame aluminium mungkin merupakan alternatif yang lebih baik, karena berbahan dasar yang lebih awet dan lebih kuat dalam menghadapi cuaca buruk. Kita bisa memilihnya di tempat penjual tenda di wilayah Anda.

Sumber:

http://www.belantaraindonesia.org/2012/08/tips-memilih-tenda-dome.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s