Pertolongan Pertama: Pingsan

Pingsan disebabkan oleh pasokan oksigen ke otak yang dibawa darah berkurang. Sedikitnya pasokan oksigen di otak menyebabkan korba kehilangan kesadaran. Korban yang pingsan biasanya akan tersadar sendiri dalam waktu singkat.

Korban yang pingsan terkadang tidak memerlukan perawatan medis, namun bisa saja pingsan disebabkan oleh gangguan kesehatan yang lebih berbahaya. Jika anda sering pingsan, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Jika Merasa Akan Pingsan

  • Segera tiduran atau duduk sampai perasaan akan pingsan berkurang dan hilang. Jangan bangun dengan tiba-tiba.
  • Jika posisi anda sedang duduk, letakkan kepala diantara dua kakimu.

Jika Menemui Korban Pingsan

  • Tidurkan korban dengan posisi terlentang. Jika korban masih bisa bernapas kembalikan aliran darah ke otak dengan cara mengangkat kaki korban di atas ketinggian jantung (sekitar 30 cm) jika memungkinkan. Kendorkan ikat pinggang dan pakaian lainnya yang terlalu kencang. Untuk mencegah pingsan kembali, tenangkan korban da jangan sampai bangun dengan tiba-tiba.
  • Jika korban tidak sadar dalam waktu 1 menit, segera hubungi/ bawa ke petugas medis/ dokter.
  • Jika korban tidak bernapas atau kurang lancar napasnya, periksa jalan napas korban untuk apakan ada yang menghambat, misalnya tersedak makanan.
  • Periksa detak jantungnya lemah atau normal. Jika tidak ada detak jantung segera hubungi petugas medis dan lakukan CPR.

Perhatian: Informasi dalam artikel ini sekedar sebagai pengetahuan dasar saja dan tidak bisa menggantikan informasi dari tenaga medis profesional atau pelatihan pertolongan pertama. Jangan menggunakan informasi ini mentah-mentah untuk menangani kejadian darurat tanpa berkonsultasi dengan ahlinya. Jika memungkinkan, saat menemui kejadian darurat segera hubungi dokter terdekat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s