Pertolongan Pertama: Gigitan Binatang

Jika korban mengalami gigitan binatang, lakukan langkah-langkah pertolongan pertama berikut:

  • Luka kecil, jika luka bekas gigitan hanya luka kecil dan tidak ada kecurigaan binatang yag menggigit menularkan rabies, cukup perlakukan seperti penanganan luka kecil. Basuh bagian tubuh yang terluka dengan air mengalir dan sabun. Lalu olesi salep cairan antibiotik.
  • Luka dalam, jika bekas gigitannya dalam dan menyebabkan pendarahan, segera hetikan pendarahan dengan menekan bagian yang luka menggunakan kain yang bersih dan kering. Segera hubungi dokter/ tenaga medis.
  • Infeksi, jika terlihat tanda-tanda infeksi seperti bengkak, nyeri dan rasa sakit yang meningkat, segera bawa ke dokter.
  • Dicurigai rabies, jika anda curiga hewan yang menggigit membawa penyakit rabies, segera bawa korban ke dokter.

Hewan yang lebih sering menggigit biasanya hewan piaraan seperti anjing dan kucing. Meskipun lebih jarang ditemui korban gigitan kucing, lukanya lebih sulit ditangani karena gigitan kucing biasanya dalam dan kecil sehingga sulit dibersihkan. Gigitan hewan liar lebih punya kecenderungan menularka rabies, karena mereka tidak mungkin divaksin. Bukan cuma aning, hewan lain juga bisa menularkan rabies, seperti kelelawar, rakun, sigung dan rubah. Hewan seperti kelinci, tupai dan hewan pengerat lainnya jarang sekali membawa rabies. Gigitan kelelawar terkadang tidak terlihat bekasnya dan mungkin korban tidak menyadari telah digigit.

Perhatian: Informasi dalam artikel ini sekedar sebagai pengetahuan dasar saja dan tidak bisa menggantikan informasi dari tenaga medis profesional atau pelatihan pertolongan pertama. Jangan menggunakan informasi ini mentah-mentah untuk menangani kejadian darurat tanpa berkonsultasi dengan ahlinya. Jika memungkinka, saat menemui kejadian darurat segera hubungi dokter terdekat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s