Permainan Negosiasi

Permainan ini sebenarnya bernama X-Y Games. Permainan yang membutuhkan kemampuan fasilitator yang baik.

PERSIAPAN

Bagi pemain menjadi 4 kelompok, semakin banyak anggota kelompok, akan semakin seru. Siapkan daftar nilai seperti berikut:

X     Y     A     B     C     D

4     0     1     2     3     4

3     1     2     3     4     1

2     2     1     1     1     1

1     3     3     4     1      2

0     4     4     1     2     3

Tabel di atas adalah kombinasi jumlah yang memilih X dan Y dari 4 kelompok dan nilai yang akan diperoleh masing-masing kelompok. Misalnya ada 3 kelompok yang memilih X dan 1 kelompok yang memilih Y, maka kelompok  A mendapat nilai 2 poin, kelompk B mendapat nilai 3 poin, kelompok C mendapat 1 poin dan kelompok D mendapat 1 poin.

CARA BERMAIN

  • Setelah ditentukan kelompok A, B, C dan D, atur agar setiap kelompok berkumpul dan dapat berdiskusi. Minta tiap kelompok mengajukan 1 jubir (juru bicara).
  • Siapkan papan untuk menampilka daftar nilai dan table untuk memasukkan poin yang diperoleh oleh tiap kelompok. Jangan menerangkan apa maksud dari tabel nilai itu terlebih dahulu.
  • Sebagai pembuka, buat sebuah pernyataan yang kontroversial sehingga kelompok perlu berdiskusi dan mencari argument untuk menyatakan setuju atau tidak. Dalam hal ini X = SETUJU dan Y = TIDAK SETUJU.
  • Setelah semua memberikan suara, terangkan tentang penggunaan tabel nilai dan tuliskan poin yang diperoleh masing-masing kelompok.
  • Katakan bahwa nanti akan ada berapa pernyataan, dan kelompok yang menang adalah yang mendapatkan poin tertinggi. Lalu berikan pernataan kedua. Jika mereka telah mengerti permainannya, maka pilihan setuju atau tidak setuju lama-kelamaan bukan lagi karena pendapat pribadi, tetapi bagaimana caranya mendapatkan nilai tertinggi.
  • Buat variasi pada cara mengungkapkan pendapat, misalnya dengan menulis dan diungkapkan bersamaan sehingga tak ada satu kelompok yang bisa memprediks kemunkinan kombinasi X dan Y. Bisa juga dengan cara berututan satu per satu, sehingga kelompok yang terakhir bisa mengendalikan dengan memilih X atau  Y yang paling menguntungkan kelompok mereka.
  • Fasilitator yang kreatif akan mampu membuat konflik dalam permainan ini. Misalnya, berikan waktu untuk masing-masing perwakilan kelompok berdiskusi untuk mencari win-win solution. Saat tiap  kelompok mengungkapka suaranya dari hasil “lobi-lobi” tadi, pada kelompok keempat beri saran bahwa hasil “lobi-lobi” tadi tidak mengikat, biasanya kelompok terakhir akan berkhianat dan memilih antara X atau Y yang menguntungkan kelompok mereka sendiri.

KESIMPULAN

Permainan ini mungkin agak rumit jika fasilitator belum pernah melihat sebelumnya, luangkan waktu lebih lama untuk memahaminya. Konflik yang terjadi sebenarnya menunjukkan simulasi kejadian sebenarnya. Dimana pendapat setuju atau tidak setuju bukan didasari mana yang benar atau salah, melainkan mana yang lebih menguntungkan. Alasan untuk setuju atau tidak setuju bukan masalah lagi, karena bisa saja dibuat argumen sebagai pembenaran (sekalipun pendapatnya salah).

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s