Jaring Laba-laba

PERSIAPAN

Buat jaring laba-laba dengan tali. Usahakan ukurannya bervariasi, ada lubang yag kecil ada yang besar. Buat beberapa lubang di bawah mudah dilalui tanpa bantuan minimal 2 lubang. Maksudnya untuk orang yang menyeberang pertama kali dan terakhir kali.

CARA BERMAIN

  • Aturannya sangat sederhana, namun prakteknya benar-benar memerlukan keuletan, strategi dan kerjasama tim. Setiap anggota tim harus bisa menyeberang melewati jaring laba-laba tersebut tanpa menyentuh tali dan satu lubang hanya boleh dilalui satu orang saja.
  • Pada banyak kasus, fasilitator perlu terlibat memberikan saran dan motivasi.

VARIASI

Jika jaring laba-laba dengan posisi vertikal dirasa terlalu sulit, dan permainan yang terlalu sulit (atau terlalu mudah)  terasa tidak seru lagi. Variasi untuk menurunkan tingkat kesulitan adalah dengan membuat jaring laba-laba dengan posis horizontal. Aturannya tetap sama, melewati jaring laba-laba tanpa menyentuh tali dan satu lubang hanya boleh dilalui satu orang.

Strateginya, untuk menuju lubang yang jauh dan tak terjangkau dengan satu langkah, pemain harus berdiri di atas punggung pemain lain yang sudah masuk lebih dahulu. dengan cara ini, meskipun tingkat kesulitannya lebih rendah, permainan tetap seru karena memberika kesulitan yang berbeda dengan jaring laba-laba vertikal.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s