Helium Stick

Helium adalah gas yang sangat ringan. Makanya permainan ini menggunaka tongkat (stick) yang sangat ringan. Bisa dibuat dari apa saja, yang penting kecil, cukup panjang dan lurus.

CARA BERMAIN

  • Bagi pemain dalam kelompok kecil beranggotakan 6 – 8 orang.
  • Setiap kelompok berbaris dua saf saling berhadapan.
  • Tugas mereka adalah mengangkat helium stick menggunakan jari telunjuk mereka. Aturannya, hanya boleh menopang helium stick dengan jari telunjuk saja dan semua jari telunujk pemain harus selalu menyentuh helium stick. Jika ada satu jari saja yang terlepas, maka dianggap gagal dan harus mengulangi dari awal.
  • Biasanya, pada kesempatan pertama akan banyak yang gagal dan perlu mengulang beberapa kali. Terkadang ada juga yang curang dengan berdiri cepat-cepat sehingga tidak ketahuan jika ada jari yang terlepas dari helium stick.
  • Jika ingin tingkat kesulitan yang lebih tinggi bisa dilakukan dengan tugas mengangkat dan memindahkan helium stick ke tempat lain dan meletakkannya di bawah lagi.

KESIMPULAN

Permainan ini sangat cocok untuk mengasah kerjasama tim. Yang membuat sulit adalah helium stick yang ringan. Sesuai gaya aksi – reaksi dalam fiska, aksinya adalah gaya berat helium stick mendorong ke bawah. Sedangkan reaksinya adalah tenaga jari telunjuk yang mengangkat ke atas.  Karena helium sticknya terlalu ringan biasanya tenaga yang untuk mengangkat terlalu besar, sehingga seolah-olah helium sticknya melayang sendiri.

Tetapi jika dalam satu tim bisa kompak dan mengangkat jari telunjuk secara bersamaan, permainan ini bisa diselesaikan.

Fasilitator juga harus jeli. Karena seharusnya permainan ini tidak mudah. Tetapi sering ada tim yang dengan cepat menyelesaikan, hanya karena pelanggaran yang terlewat.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s