Satu Kebohongan

Permainan ini cocok digunakan dalam sekelompok orang yang belum lama berkenalan. Sebenarnya tidak memerlukan alat sama sekali, tetapi untuk mempermudah, setiap pemain perlu membawa kertas dan alat tulis.

CARA BERMAIN

  • Besar kecilnya jumlah pemain tergantung alokasi waktu yang tersedia. Jika jumlah pemain terlalu banyak, bisa dibagi dalam 2 kelompok atau lebih yang masing-masing kelompok bermain sendiri-sendiri didampingi oleh satu fasilitator.
  • Tugas tiap pemain adalah memikirkan 3 (tiga) pernyataan tentang diri mereka. Misalnya nama, nama ayah, hobby, makanan kesukaan, dan sebagainya. Salah satu dari 3 pernyataan itu harus merupakan kebohongan dan 2 yang lainnya kebenaran. Pemain yang cerdik akan pintar memilih kebohongan yang meyakinkan seolah-olah benar dan memilih kebenaran yang akan diragukan pemain lainnya.
  • Beri waktu sekitar 5 menit untuk memikirkan 3 pernyataan itu. Untuk beberapa orang terkadang membutuhkan waktu sampai 10 menit untuk berpikir.
  • Setelah itu, minta semuanya berkumpul. Tunjuk salah satu untuk maju dan mengungkapkan 3 pernyataan tentang dirinya. Misalnya, “Saya berasal dari Jogja, saya anak paling bungsu di keluarga, saya pernah juara pertama di kelas.”.
  • Pemain lainnya memilih salah satu dari 3 pernyataan yang mereka anggap sebagai kebohongan.
  • Pemain yang tepat menebak pernyataan yang merupakan kebohongan mendapatkan satu poin.
  • Begitu seterusnya hingga semua pemain mendapat giliran, pada akhir permainan, pemain dengan poin terbanyak adalah pemenangnya dan berhak mendapatkan reward.

KESIMPULAN

Permainan ini akan menguji seberapa kreatifkah mereka dan kemampuan mereka untuk menilai temannya. Siapa pemain yang paling sukses membohongi teman-temannya dan adakah pemain yang terlalu mudah ditebak kebohongannya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s