Limbah Radiasi

PERSIAPAN

  • Gunakan tali untuk membentuk lingkaran besar sebagai pembatas. Daerah di dalam lingkaran adalah zona radiasi, pemain yang bagian tubuhnya masuk ke dalam zona radiasi akan terluka dan tidak bisa digunakan.
  • Letakkan ember kecil di tenagh-tengah zona radiasi dan isi dengan air (diumpamakan air ini adalah limbah yang menyebarkan radiasi.
  • Letakkan ember besar atau lingkaran lain sebagai zona aman untuk menetralkan limbah. Jaraknya dari lingkaran zona radiasi sekitar 15 – 30 meter. Semakin jauh semakin sulit.
  • Siapkan tali panjang secukupnya, semakin sedikit atau semakin pendek semakin sulit.

CARA BERMAIN

  • Bagi semua pemain dalam kelompok- kecil 4 – 8 pemain tiap kelompok. Jelaskan tugas mereka, dengan mengunakan tali yang tersedia, mereka harus memindahkan ember berisi limbah ke tempat penetralan.
  • Jika ada bagian tubuh yang masuk ke zona radiasi, maka fasilitator member tanda dan anggota tubuh itu tak boleh digunakan. Karena dianggap terluka parah karena radiasi.
  • Beri batasan waku 15 – 20 menit.

KESIMPULAN

Solusi yang terbukti sukses adalah dengan membuat simpul pada bagian tengah tali, lalu melemparkan lingkaran simpul itu hingga mengelilingi ember dan dikencangkan dengan hati-hati. Jika tali yag tersedia kurang panjang, sambung 2 tali terlebih dahulu. Dengan begitu setiap tali akan terikat erat pada ember. Dengan beberapa tali terikat, angkat ember pelan-pelan. Jadi, kuncinya simpul lingkaran talinya dibuat sebelum dilempar ke ember.

Satu pemikiran pada “Limbah Radiasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s