VIRUS VAMPIRE

Menunjukkan bagaimana reputasi buruk cepat tersebar.

 ***

PENGANTAR

Fasilitator mengumpulkan semua pemain bukan dalam barisan, tetapi berdiri dengan posisi acak. Sebaiknya seluruh pemain berjumlah genap. Sebelum permainan dimulai, tunjuk secara rahasia 1 atau 2 orang yang menjadi vampire, pastikan mereka paham bahwa mereka harus menyembunyikan identitas vampire mereka.

Buat cerita pengantar. Bahwa diantara kalian ada beberapa orang yang sebenarnya adalah vampire. Vampire tersebut memiliki kemampuan menularkan virus vampire ke orang lain dengan cara berbisik, “Aku adalah vampire, kini kamu juga.” Pemain yang tertular virus vampire harus menyembunyikan identitas mereka dan berpura-pura menjadi manusia normal. Karena jika sampai ketahuan, ia akan dipasak oleh semua pemain, dalam hal ini “digelitikin”.

***

CARA BERMAIN

  • Setelah permainan dimulai, mereka harus berjalan secara acak da perlahan di dalam area permainan. Tiap 1 menit akan ada aba-aba dari fasilitator untuk berhenti.
  • Ketika fasilitator memberi aba-aba, misalnya dengan mengatakan, “Hari sudah malam, saatnya vampire bekerja.” Maka, semua pemain berhenti dan langsung mencari pasangan bebas untuk diajak bersalaman dan saling berbisik.
  • Jika kamu vampire, kamu berbisik dengan menyebut nama dan berkata “Aku adalah vampire, dan kini kamu juga.” Tapi jika kamu manusia kamu membisikkan namamu dan mengatakan bahwa aku adalah manusia biasa.
  • Ingat, bisikan harus sangat pelan dan tidak boleh ada ekspresi yang menunjukkan pemain selain pasangannya bahwa ia adalah vampire atau manusia.
  • Kini jumlah vampire ada 2 kali lipat dari awal tadi. Ulangi ritual berjalan, berhenti dan mulai bersalaman. Aturannya, tidak boleh mengulang bersalaman dengan pemain yang sama dengan sebelumnya.
  • Lakukan berulang-ulang menyesuaikan banyak sedikitnya pemain yang ikut.
  • Setelah selesai, minta yang telah menjadi vampire mengaku da pisahkan antara manusia dan vampire.

 ***

KESIMPULAN

Setelah semua terpisah, beritahukan berapa dan siapa saja yang sejak awal menjadi vampire. Kemungkinan paling besar, jumlah vampire akan berlipat ganda semakin banyak dengan semakin banyaknya proses bersalaman dan berbisik. Kecuali jika terlalu banyak pasangan yag dua-duanya vampire saat bersalaman. Tetapi hal ini jarang terjadi. Apalagi yang menjadi vampire selalu mencari korban yang bukan vampire.

Simulasi tadi menunjukkan bagaimana sebuah virus (berita, khususnya berita buruk) akan sangat cepat sekali menyebar. Bagaimana cepatnya kekuatan menyebarkan kabar “dari mulut ke mulut”. Karena penyebar berita buruk selalu berusaha menceritakan ke orang-orang yang berbeda sebanyak-banyaknya.

***

VARIASI

Permainan bisa juga dilakukan denga lebih cepat. Yaitu virus disebarkan dengan cara bersalaman yang unik, misalnya saat bersalaman jari telunjuk penyebar virus menggelitik telapak tangan pasangannya. Atau bisa juga dilakukan dengan kode tubuh tertentu, seperti menjulurkan lidah.

***

Permainan ini belum ada gambar dokumentasinya. Jika anda mencoba permainan ini dan berkenan mengirimkan dokumentasi untuk melengkapi artikel ini saya akan sangat berterimakasih. Kirim saja ke email saya: mencari.lanang@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s