SUPER HERO

Melatih kreatifitas sekaligus mengingatkan kembali kepada dunia anak-anak.

***

PENGANTAR

Fasilitator menyiapkan satu set kertas gambar dan pensil warna (bisa diganti dengan spidol atau krayon).

Ketika para peserta kegiatan mulai bosan, beri kejutan dengan membagikan peralatan tersebut dan minta mereka menggambar dan mewarnai. Tetapi bukan asal membuat gambar tetapi gambaran diri mereka sebagai seorang super hero (atau boleh juga tokoh penjahatnya).

***

CARA BERMAIN

  • Bagi semua pemain dalam beberapa kelompok, sesuai ketersediaan alat gambar yang ada. Usahakan kelompok laki-laki dan perempuan sendiri-sendiri, karena akan jadi masalah saat menentukan jenis kelamin karakter yang akan digambar.
  • Sebelum mulai menggambar, beri waktu untuk masing-masing anggota kelompok mengusulkan kekuatan apa yang dimiliki tokoh yang akan mereka gambar. Kekuatan itu harus ditunjukkan dalam penampilan superhero yang akan mereka gambar.
  • Jangan lupa, ini adalah kompetisi. Jadi semua harus menggambar dengan sebaik-baiknya dan setiap orang memberikan kontribusi.
  • Setelah semua gambar selesai, bahas satu persatu. Jika waktunya terbatas, fasilitator bisa memberikan komentar-komentar yang bisa menyegarkan suasana. Jika ada banyak waktu, minta masing-masing kelompok untuk mempresentasikan super hero mereka.

***

KESIMPULAN

Kegiatan sederhana semacam ini justru menjadi ice breaker yang efektif. Apalagi hasil gambar dari orang-orang yang sedang suntuk dengan banyak warna biasanya memunculkan kelucuan-kelucuan tanpa kita bersusah payah melucu.

Terkadang juga bisa diarahkan menjadi perdebatan yang “konyol”. Secara memperdebatkan karakter buatan. Mungkin ada orang yang menganggap kekuatan karakter tim lain terlalu “lebay” da jauh dari logika. Sementara yang punya karakter itu tidak terima dan balas mengkritik. Untungnya, sesengit apapun perdebatan itu, tetap mudah didamaikan, karena objek yang dibahas memang sekedar khayalan. Selamat mencoba!

***

Permainan ini belum memiliki gambar dokumentasi. Jika anda mencoba permainan ini, saya akan sangat berterimakasih jika anda berkenan mengirimkan gambar tersebut untuk melengkapi artikel ini. kirim saja ke alamat email saya: mencari.lanang@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s