NAIK TURUN (Over and Under)

Team Building, Action Oriented

Temukan potensi tersembunyi dari dirimu!

PERSIAPAN

Peralatan yang dibutuhkan sederhana, yaitu:

  • Ember untuk menampung air.
  • Botol air mineral ukuran 1 liter.
  • Stopwatch atau pengukur waktu.

 Jumlah pemain dalam tiap tim 10 – 20 orang. Pastikan semua pemain memakai sepatu dan kaos kaki.

CARA BERMAIN

  • Persiapkan ember atau tempat air beserta gayung. Pastikan persediaan air berlebih, karena akan banyak air terbuang dalam permainan ini.
  • Fasilitator memerintahkan setiap tim membentuk barisan berbanjar, taruh ember beris air di depan barisan dan botol air mineral di depan pemain paling belakang.
  • Fasilitator menjelaskan pada pemain bahwa dalam permainan ini mereka punya tugas mengisi botol dengan air yang ada di depan barisan. Karena tidak ada alat lain, mereka harus memanfaatkan kaos kaki seluruh pemain.
  • Aturannya, gunakan kaos kaki untuk menyerap air dalam ember lalu diestafetkan ke belakang tanpa membalikkan badan. Pemain paling belakang memerah kaos kaki sambil memasukkan airnya ke dalam botol. Aturannya, jika estafet ke belakang (basah) harus atas kepala, jika estafet ke depan (kering) harus lewat bawah di sela-sela kaki.
  • Aturan lainnya, kaos kaki harus selalu dipegang dengan 2 tangan. Jadi tidak mungkin ada pemain yang bisa menerima kaos kaki basah dan kering secara bersamaan.
  • Fasilitator memberi aba-aba untuk mulai dan semua pemain baru boleh melepas kaos kaki mereka. Ingat, setelah dilepas, estafet langsung berlaku aturan maju lewat bawah dan mundur lewat atas.
  • Pemenang adalah tim yang paling banyak mengisi botol atau paling cepat memenuhi botol.

KESIMPULAN

Sebelum dijelaskan, biasanya pemain mengira mereka akan diminta meng-estafetkan air dengan telapak tangan mereka. Tak ada satupun yang menyangka bahwa kaos kaki yang mereka pakai juga bisa digunakan. Kaos kaki inilah analogi dari “potensi tersembunyi”.

Aturan atas – bawah akan menunjukkan bagaimana setiap pemain mengatasi kebingungan antara menerima yang lewat atas dahulu atau yang lewat bawah. Semakin banyak kaos kaki yang dipakai semakin cepat botol terisi air tetapi beresiko semakin membingungkan. Pemain paling depan dan paling belakan harus bijak saat mengirim berapa banyak kaos kaki. Lihat juga bagaimana strategi yang mereka temukan di tengah-tengah permainan.

VARIASI

Bila tidak mungkin menggunakan kaos kaki bisa menggunakan barang lain yang bisa menyerap air, misalnya slayer (scraft), baju, spons atau lainnya.

Permainan lebih asyik jika diiringi musik atau para pemain yang harus bermain sambil bernyanyi.

*) Belum tersedia dokumentasi untuk permainan ini, saya akan sangat berterima kasih jika anda berkenan menyumbangkan foto dokumentasi setelah mencoba permainan ini melalui email: mencari.lanang@gmail.com .

 

 

 

Satu pemikiran pada “NAIK TURUN (Over and Under)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s