GOSOK-GOSOK (Ice Cube Melt)

Team Building, Ice Breaker

Berjuanglah!

PERSIAPAN

Untuk melakukan permainan ini kamu memerlukan ice cube. Kamu juga bisa membuatnya dengan membekukan air yang dimasukkan ke dalam plastik kecil, jangan terlalu besar dan usahakan plastik mudah dilepas.

Jumlah pemain dalam tiap tim 5 – 10 orang. Pastikan tidak ada yang alergi dingin. Memerlukan fasilitator berjumlah sama dengan jumlah tim, sekaligus sebagai wasit.

 ***

CARA BERMAIN

  • Setiap tim membentuk lingkaran menghadap ke dalam.
  • Tugas mereka adalah menerima sebuah ice cube dan mencairkannya. Caranya, orang yang menerima ice cube menggosok-gosoknya dengan telapak tangan. Jika sudah tidak kuat menahan dinginnya, ia boleh menyerahkan pada teman di sampingnya. Begitu terus menerus hingga ice cube mencair semua.
  • Ice cubenya tidak boleh terjatuh, jika sampai terjatuh maka tim itu harus mulai dari awal dengan ice cube yang baru.
  • Tim yang pertama kali berhasil mencairkan seluruh ice cube adalah pemenangnya.

 ***

KESIMPULAN

Setiap anggota tim memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Ada yang daya tahan terhadap dingi lama, ada yang cepat. Ada yang mampu mencairkan banyak bagian dengan cepat, ada yang lambat. Setiap orang juga punya cara yang berbeda-beda, ada yang menggosok-gosok, ada yang menggenggam dengan kuat. Bahkan mungkin ada juga yang nekat menggenggam terlalu lama sampai-sampai menjatuhkan ice cubenya karena tidak kuat kedinginan.

Permainan ini menunjukkan pentingnya setiap anggota tim berjuang sekeras mungkin agar ice cube tidak terlalu sering dioper. Selain agar lebih cepat mencair, juga mengurangi resiko terjatuh.

 ***

VARIASI

Beri tantangan dengan menggunakan bongkahan es yang lebih besar. Atau bisa menggunakan es lilin, tugasnya adalah mencairkan lalu meminum bergantian dengan catatan tidak boleh menghancurkan es dengan gigi.

***

*) Belum tersedia dokumentasi untuk permainan ini, saya akan sangat berterima kasih jika anda berkenan menyumbangkan foto dokumentasi setelah mencoba permainan ini melalui email: mencari.lanang@gmail.com .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s