10 Tip Public Speaking

Berikut ini tips yang bisa kamu gunakan jika melakukan presentasi, khususnya dengan power point atau flash.

1. GUNAKAN VISUAL

Menggunakan gambar pada presentasi akan sangat membantu penyampaian materi. Jangan memasukkan gambar yang asal menarik, carilah gambar yang berhubungan dengan materi. Bila perlu carilah gambar di Google untuk mempersiapkan materi presentasi.

2. SINGKAT LEBIH BAIK

Tidak akan ada yang protes jika presentasimu singkat. Tetapi presentasi yang terlalu lama justru akan membunuh presentasimu. Pada umumnya orang lebih menyukai presentasi yang singkat. Usahakan lama presentasi kurang dari 20 menit, lainnya untuk basa-basi atau intermezo.

3. RULE OF THREE

Pada umumnya, orang mudah mengingat sesuatu yang jumlahnya tiga. Ingat istilah ini:

“vini vidi vici” atau

“Gold, Gospel and Glory”

Usahakan point penting yang kamu sampaikan dalam presentasi menggunakan prinsip itu. Gunakan maksimum 3 point pada tiap tampilan slide.

4. LATIHAN

Sebelum mempresentasikan pada acara yang sebenarnya, latihlah dengan bicara keras, bukan dalam hati. Latihan yang berulang-ulang membuat kamu lancar dan mengurangi salah ucap dalam presentasi. Cobalah kamu melakukan simulasi presentasi minimal 4 kali, dan salah satunya lakukanlah didepan pendengar yang bisa memberi masukan.

5. CERITA

Masukkan cerita atau anekdot untuk menyelingi presentasi. Yang terpenting biasanya di awal, biasakan menyampaikan sebuah cerita menarik dari pengalaman atau lelucon yang bisa menjadi pengantar presentasi. Bahkan jika cerita itu tak ada hubungannya dengan materi, tidak masalah.

6. POINT PENTING

Jangan menulis semua yang kamu katakan. Kesalahan yang sering terjadi pada saat membuat slide presentasi adalah menulis semua yang akan kamu katakan. Cukup menulis point pentingnya saja, yang mudah dibaca sekali tatap. Sehingga pendengar cukup melihat tulisan sebentar, lalu mendengarkan presentasi yang kamu sampaikan.

7. HAPALKAN HALAMAN SLIDE

Hapalkan urutan slide, sehingga kamu tahu apa yang akan muncul di slide berikutnya. Kata-kata “Berikutnya, kita akan melihat …” membuat kamu terlihat menguasai materi dan lebih “powerfull”.

8. JAGA-JAGA

Kemungkinan buruk yang terjadi saat presentasi bisa bermacam-macam. Misalnya, listrik mati atau LCD proyektor rusak, flashdisk kamu tak terbaca di komputer, data hilang/ rusak karena virus, atau tidak ada loudspeaker. Untuk mengatasinya, kamu perlu juga menyimpan presentasimu dalam CD dan menyiapkan print out di kertas. Meskipun kemungkinan buruk tersebut sangat jarang terjadi.

9. CHECK OUT

Periksa ruangan dan alat yang akan kamu gunakan untuk presentasi. Bila perlu coba semua alat untuk memastikan semua berfungsi dengan baik. Minimal ingatkan panitia atau petugas untuk mengeceknya sebelum waktunya presentasi.

10. REKAM

Yang terakhir, namun tak bisa diremehkan. Untuk keperluan peningkatan diri, cobalah kamu rekam saat kamu melakukan presentasi. Maksudnya, agar kamu tahu apa kekurangan kamu dan bisa diperbaiki pada kesempatan presentasi selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s